Sabtu, 15 Januari 2011

Beginilah adanya...

Assalamualaikum
Alhamdulillah Ya Rabb
Atas nikmat Islam yang mengalir dalam nafas dan darah ini
kepada-Mu lah syukur aku panjatkan...


hari ini, sabtu 15 Januari 2011, terasa seperti hidup kembali, pikiran fresh ide sudah mulai berjalan di saraf2 motorik otak, mengalir dalam darah bersama oksigen-oksigen dan senyawa.
Yang semoga kita selalu bersyukur akan nikmat yang Allah berikan. Sedikit membahas tentang fikiran, ketika dia lelah maka pada saat itulah kita mulai merasakan jenuh yang luar biasa. Seakan-akan kita ingin mencari dimana alur fikir kita tetapi tetap tak kita temukan. Hanya bisa mondar-mandir tanpa arah tujuan, mencari yang sesungguhnya tak usah kita cari. Ya itulah yang menurutq yang sering dinamakan jenuh. 

Ketika pada saat tersebut itulah kita merasakan lelah yang luar biasa, mulai dari otak yang sudah tak mau berfikir ditambah juga kondisi tubuh yang tak mendukung. Hal tersebut berakibat produktivitas kita menurun drastis, mulai dari keluarnya ide-ide segar terhambat sampai pergerakan kita akan terasa semakin berat dan lambat. Apa yang sebenarnya yang terjadi dengan diri kita...?coba mari kita telaah satu-persatu :
1. Otak
    Kita mulai dari pusat dan sumber semua perilaku kita baik yang kita sadari ataupun tidak. terkadang semua hal yang kita lakukan merupakan respon sadar dari otak kita yang telah diproses. Tapi, apakah semua perilaku kita bisa di-Handle oleh otak kita...?
Subhanallah, Allah Maha Besar atas semua ciptaan-Nya, otak yang terdiri dari beberapa saraf penting yang bekerja untuk menerima, mengolah dan mengirimkan respon seakan tak pernah lelah bekerja. Kapan pun dan pada saat kondisi apapun mereka siap untuk membantu kita. Tapi, apakah kita selalu membuat otak kita dalam keadaan siap atau tidak untuk membantu melewati hari2 kita.
2. Tubuh
    Sebagai penopang kita untuk melakukan kegiatan, merupakan syarat utama adalah kesehatan badan kita. Untuk melewati hari-hari yang cukup berat tubuh harus selalu siap dengan semua keadaan. Baik secara nutrisi maupun keadaan fisik kita. 

Cukuplah 2 itu yang kita bahas, sekarang kita coba menelaah hubungan penting keduanya.
Otak merupakan sarana penting kita, selain untuk berfikir juga untuk pusat semua gerakan tubuh kita. Bayangkan otak yang setiap hari kita tancap untuk memikirkan semua permasalahn hidup kita, mulai dari kuliah, maen, tugas, dan yang lain hal. Sebuah kapasitas yang sangat besar menurutq apabila dibandingkan dengan apapun didunia ini. Sekarang kita coba fikirkan ketika otak kita sudah tak mampu bekerja sebagai mana mestinya, disaat kapasitasnya menurun, di saat otak sudah tak mampu menampung lagi respon dari saraf-saraf di ujung-ujung jari kita. Apakah masih ada yang bisa kita lakukan...?

Tubuh kita merupakan nomer kedua yang cukup penting untuk menopang semua respon dari otak kita. Entah kenapa, ketika otak kita terasa capek ko tubuh kita juga merasakan kelelahan yang amat sangat berat. Tangan terasa lemah, kaki pun berat, bahkan terkadang perut pun menjadi sasaran maag. Mungkin hal tersebut dikarenakan sebuah hubungan antara tubuh dan otak ini, setiap yang dikerjakan tubuh sebagian besar berasal dari otak kita. Baik itu sadar ataupun tidak.

Maka dari itulah sayangilah otakmu, istirahatlah ketika memang sudah pada saatnya istirahat dan rawatlah tubuhmu, karena setiap saat engkau menbutuhkannya, dia harus selalu siap. Smoga ide-ide segar selalu memerahkan otak kita dan semoga darah-darah penuh nutrisi terus mengaliri nadi kita.

"Disaat waktu senggang maka istirahatlah
karena di waktu sibuk engkau akan mengurasnya."

home sweet homes, 15 Januari 2011 10:14 AM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar